PDAM TIRTANADI BUAT TEROBOSAN PEMBAYARAN REKENING AIR SECARA ONLINE BERLAKU NOVEMBER 2014
PDAM Tirtanadi melakukan terobosan inovasi sistem pembayaran rekening air dengan melakukan kerjasama dengan PT Pos Indonesia, BNI, Bank Mandiri, Bank BTN dan Bank BRI. Sistem pembayaran yang bersifat online ini dikukuhkan dengan penandatangan MOU atau nota kesepahaman oleh kedua pihak yang berlangsung selama dua pekan terakhir.
Penanda tanganan nota kesepahaman tersebut dilakukan oleh ketiga Direksi PDAM yaitu Direktur Administrasi dan Keuangan H Ahmad Thamrin SE, M.Psi, Direktur Operasi Mangindang Ritonga, SE, MM, Direktur Perencana dan Produksi Ir. Tamsil Lubis dengan kepala perwakilan perusahaan dan bank mitra kerja.
Nota kesepahaman dengan Bank BRI ditanda tangani oleh Ebenezer Girsang sebagai Kepala Kantor BRI di Jalan Putri Hijau Medan pada Kamis, 18 September 2014. Kerjasama dengan Bank BRI menjadi bentuk kerja sama yang pertama kali dibangun dan dilanjutkan dengan penandatangan nota kesepahaman dengan PT Pos Indonesia Regional 1 yang ditanda tangani oleh Kepala Regional H. Chairul Saefuddin, SE di Kantor Pos Besar Medan pada 29 September 2014.
Pada tanggal 30 September 2014, PDAM Tirtanadi melalui ketiga Direksinya kembali melakukan penandatangan nota kesepahaman dengan Bank BTN yang ditanda tangani oleh Kepala Cabang Medan, Ferry Sonnefille bertempat di Hotel Santika Medan dan dilanjutkan penandatangan di Bank Mandiri Kanwil Medan di Jalan Pulau Pinang, di tanda tangani oleh Kepala Kanwil 1 T Ali Usman, dan penandatanganan MoU dengan BNI dilakukan pada tanggal 01 Oktober 2014.
POLA BARU SISTEM PEMBAYARAN
Direktur Administrasi dan Keuangan H Ahmad Thamrin, SE, M.Psi mengatakan pada kata sambutannya pada acara MOU tersebut ini merupakan pola baru sistem pembayaran rekening PDAM. “Dengan dilakukan bentuk kerja sama ini, kami berharap pelanggan bisa lebih mudah melakukan pembayaran melalui atm atau layanan perbankan yang lain” disampaikan oleh H Ahmad Thamrin, SE, M.Psi. Direktur Adm dan Keungan ini juga mengatakan Kerja sama ini menjadi babak baru system pembayaran untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan PDAM yang berjumlah 457.000 yang tersebar di seluruh SUMUT atau 72 persen dari jumlah penduduk pada daerah layanan.
Pada MOU yang dilaksanakan di Bank Mandiri, Direktur Operasi Mangindang Ritonga, SE, MM mengatakan, bentuk kerjasama sistem pembayaran akan segera dibangun dengan beberapa bank lainnya. “Bersama Bank Mandiri, ini merupakan bentuk kerja sama yang optimis dan mungkin ke depan kami ingin mengajak Bank Mandiri menjadi investor untuk menambah pembangunan infrastruktur” Ujar Direktur Operasi.
Direktur Perencana dan Produksi Ir Tamsil Lubis mengatakan pada kesempatan yang sama bahwa dengan sistem pembayaran yang baru ini akan mendongkrak pembayaran rekening pelanggan hingga 90 persen. “Sistem door to door penagihan selama ini hanya mencapai 60 persen pembayaran, sistem pembayaran melalui perbankan atau melalui PT POS Indonesia memudahkan pelanggan untuk melakukan pembayaran tagihan tiap bulannya.
PEMBAYARAN REKENING NOVEMBER 2014
Dengan jumlah pelanggan PDAM Tirtanadi 457.000 yang tersebar di berbagai daerah layanan penagihan bulanan mencapai 30-40 Miliar Rupiah perbulannya, dimana proses penagihan dari rumah ke rumah kadang memenuhi kendala di lapangan. Sistem pembayaran melalui jasa perbankan dan pos ini diharapkan menjadi terobosan baru dan memudahkan pelanggan untuk melakukan pembayaran selama 24 Jam. “Kalau semua berjalan dengan mulus, Inshaallah mulai tagihan November 2014 pelanggan sudah bisa mulai membayar melalui sistem Perbankan melalui Bank-Bank atau pihak yang telah kita jalin kerja sama nya” Tutup Direktur Administrasi dan Keuangan H. Ahmad Thamrin, SE, M.Psi.
PDAM Tirtanadi melakukan terobosan inovasi sistem pembayaran rekening air dengan melakukan kerjasama dengan PT Pos Indonesia, BNI, Bank Mandiri, Bank BTN dan Bank BRI. Sistem pembayaran yang bersifat online ini dikukuhkan dengan penandatangan MOU atau nota kesepahaman oleh kedua pihak yang berlangsung selama dua pekan terakhir.
Penanda tanganan nota kesepahaman tersebut dilakukan oleh ketiga Direksi PDAM yaitu Direktur Administrasi dan Keuangan H Ahmad Thamrin SE, M.Psi, Direktur Operasi Mangindang Ritonga, SE, MM, Direktur Perencana dan Produksi Ir. Tamsil Lubis dengan kepala perwakilan perusahaan dan bank mitra kerja.
Nota kesepahaman dengan Bank BRI ditanda tangani oleh Ebenezer Girsang sebagai Kepala Kantor BRI di Jalan Putri Hijau Medan pada Kamis, 18 September 2014. Kerjasama dengan Bank BRI menjadi bentuk kerja sama yang pertama kali dibangun dan dilanjutkan dengan penandatangan nota kesepahaman dengan PT Pos Indonesia Regional 1 yang ditanda tangani oleh Kepala Regional H. Chairul Saefuddin, SE di Kantor Pos Besar Medan pada 29 September 2014.
Pada tanggal 30 September 2014, PDAM Tirtanadi melalui ketiga Direksinya kembali melakukan penandatangan nota kesepahaman dengan Bank BTN yang ditanda tangani oleh Kepala Cabang Medan, Ferry Sonnefille bertempat di Hotel Santika Medan dan dilanjutkan penandatangan di Bank Mandiri Kanwil Medan di Jalan Pulau Pinang, di tanda tangani oleh Kepala Kanwil 1 T Ali Usman, dan penandatanganan MoU dengan BNI dilakukan pada tanggal 01 Oktober 2014.
POLA BARU SISTEM PEMBAYARAN
Direktur Administrasi dan Keuangan H Ahmad Thamrin, SE, M.Psi mengatakan pada kata sambutannya pada acara MOU tersebut ini merupakan pola baru sistem pembayaran rekening PDAM. “Dengan dilakukan bentuk kerja sama ini, kami berharap pelanggan bisa lebih mudah melakukan pembayaran melalui atm atau layanan perbankan yang lain” disampaikan oleh H Ahmad Thamrin, SE, M.Psi. Direktur Adm dan Keungan ini juga mengatakan Kerja sama ini menjadi babak baru system pembayaran untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan PDAM yang berjumlah 457.000 yang tersebar di seluruh SUMUT atau 72 persen dari jumlah penduduk pada daerah layanan.
Pada MOU yang dilaksanakan di Bank Mandiri, Direktur Operasi Mangindang Ritonga, SE, MM mengatakan, bentuk kerjasama sistem pembayaran akan segera dibangun dengan beberapa bank lainnya. “Bersama Bank Mandiri, ini merupakan bentuk kerja sama yang optimis dan mungkin ke depan kami ingin mengajak Bank Mandiri menjadi investor untuk menambah pembangunan infrastruktur” Ujar Direktur Operasi.
Direktur Perencana dan Produksi Ir Tamsil Lubis mengatakan pada kesempatan yang sama bahwa dengan sistem pembayaran yang baru ini akan mendongkrak pembayaran rekening pelanggan hingga 90 persen. “Sistem door to door penagihan selama ini hanya mencapai 60 persen pembayaran, sistem pembayaran melalui perbankan atau melalui PT POS Indonesia memudahkan pelanggan untuk melakukan pembayaran tagihan tiap bulannya.
PEMBAYARAN REKENING NOVEMBER 2014
Dengan jumlah pelanggan PDAM Tirtanadi 457.000 yang tersebar di berbagai daerah layanan penagihan bulanan mencapai 30-40 Miliar Rupiah perbulannya, dimana proses penagihan dari rumah ke rumah kadang memenuhi kendala di lapangan. Sistem pembayaran melalui jasa perbankan dan pos ini diharapkan menjadi terobosan baru dan memudahkan pelanggan untuk melakukan pembayaran selama 24 Jam. “Kalau semua berjalan dengan mulus, Inshaallah mulai tagihan November 2014 pelanggan sudah bisa mulai membayar melalui sistem Perbankan melalui Bank-Bank atau pihak yang telah kita jalin kerja sama nya” Tutup Direktur Administrasi dan Keuangan H. Ahmad Thamrin, SE, M.Psi.